Tingkatkan Kunjungan Wisata ke Danau Toba, Garuda Buka Rute Medan-London

Tingkatkan kunjungan wisata

Topmetro.News – Tingkatkan kunjungan wisata ke daerah Danau Toba, Garuda Indonesia membuka rute Medan melalui Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara menuju Bandara Internasional London Heathrow. Ini diyakini mampu tingkatkan kunjungan wisata ke wilayah wisata andalan Sumatera Utara ini. Terlebih hal ini telah dicanangkan Presiden Jokowi, Danau Toba jadi salah satu destinasi unggulan.

Tingkatkan Kunjungan Wisata Dukungan Penuh untuk Sumut

“Dengan dibukanya rute tersebut, kini Kota London telah terhubung dengan dua kota besar di Indonesia yaitu Kota Medan dan Denpasar yang ada di Pulau Bali,” kata Berthon Hutapea, Regional CEO Sumatera Region Garuda Indonesia di Medan, Kamis (25/7/2019).

Dia mengatakan rute ini merupakan bentuk dukungan untuk mengembangkan wisata yang ada di Sumatera Utara, khususnya kawasan Danau Toba di Kabupaten Samosir.

Ditargetkan jumlah wisatawan asal Inggris dapat meningkat karena perjalanan langsung ke wilayah Sumatera Utara.

1 dari 10 Destinasi Unggulan

Dibukanya rute Medan-London, katanya sebagaimana dilansir antaranews, untuk mendukung program pemerintah sendiri yang telah ditetapkan presiden bahwa Danau Toba adalah 1 dari 10 destinasi wisata unggulan yang dikembangkan untuk wisatawan asing.

Selain itu dipilihnya Bandara Internasional Kualanamu yang dikelola PT Angkasapura 2 dikarenakan bandara itu merupakan hub penerbangan terpadat yang berada di wilayah Indonesia bagian barat.

Siapkan Kelas Bisnis dan Ekonomi

Rute ini, kata dia, membuat wisatawan maupun calon penumpang yang akan bepergian ke London dipastikan akan transit melalui Bandara Internasional Kualanamu walaupun berangkat dari Denpasar maupun Jakarta.

Nah, untuk penerbangan dari Medan ke London maupun sebaliknya, Garuda Indonesia menyiapkan 222 kursi penumpang dengan dua jenis kelas yaitu ekonomi dan bisnis.

baca juga | KABUPATEN DAIRI TERUS KEMBANGKAN POTENSI WISATA

Seperti disiarkan topmetro.news sebelumnya Kabupaten Dairi di Sumatera Utara memiliki pontensi wisata yang terpendam. Mengingat letaknya yang berdekatan dengan Danau Toba, Kabupaten Dairi pun mulai banyak mengembangkan berbagai macam wisata.

“Kita akan mulai dari wisata petualangan. Yang kita jual adalah alam. Jadi itu yang kami tawarkan,” ujar Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu. “Wisata-wista yang nantinya akan dibangun nantinya pun bervariatif. Mulai dari argowisata, kuliner, wisata alam, serta wisata air,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Eddy Keleng menjelaskan, untuk argowisata sendiri komoditi unggulannya sangat banyak. Di antaranya dengan memanfaatkan lahan pertanian kopi dan durian yang akan menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Yaitu Kopi Sidikalang serta Durian Ucok.

Dari sisi wisata alam sendiri, menurut Eddy Keleng, di Dairi sudah banyak tersedia yang diberikan Tuhan. Mulai dari kecantikan alam, iklim bagus dan cuaca yang bersih.

Maka dari itu, Kabupaten Dairi pun membangun kerjasama dengan PATA Indonesia untuk membangun relasi yang lebih luas. “Kita mengharapkan jejaringnya. Sehingga dapat mengangkat lebih tinggi lagi kredibilitas objek wisata kita. Kalau sudah diendorse oleh organisasi seperti PATA, itu kredibilitasnya akan jauh lebih tinggi,” urai Eddy Keleng.

reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment